Minggu, 19 Februari 2012

Santo Valentine

Tanggal 14 februari banyak orang dari berbagai negara merayakannya sebagai hari kasih sayang. Perayaan hari valentine atau hari kasih sayang ini tidak terlepas dari pengaruh seorang tokoh bernama Santo Valentinus. Bagaimana perjalanan hidupnya dalam sejarah hari valentine.

Santo Valentinus adalah seorang pendeta yang hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Kaisar Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar dan menginginkan semua pria di kerajaannya bergabung bersamanya. Namun sayang keinginan sang kaisar tidak didukung, bahkan mendapat perlawan, terutama dari Valentinus yang membantu para pria yang enggan terlibat di peperangan, lantaran mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasih hatinya. Hal ini membuat Claudius marah dan memerintahkan pejabatnya untuk melarang pernikahan. Menurut kaisar, apabila para pria tidak menikah, mereka akan senang hati bergabung dengan militer. Sebagai seorang pendeta, Santo Valentinus secara diam-diam membantu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta dengan melakukan pemberkatan.

Pada suatu malam, kaisar Claudius berhasil menangkap Santo Valentinus yang sedang memberkati salah satu pasangan, dan menjebloskannya ke penjara dengan vonis hukuman mati yaitu dengan memenggal kepalanya. Di dalam penjara ia berteman dengan putri dari penjaga penjara yang bernama Asterius. Putri Asterius yang buta ini selalu membawakan makanan padanya dan bersedia membawakan pesan Valentinus bagi kawan-kawan di luar penjara. Hal ini dilakukan saat Santo Valentinus dipenjara yakni selama kurang lebih satu tahun, hingga putri Asterius pun sembuh dari kebutaannya.

Sejarah mencatat, sore hari sebelum Santo Valentinus akan dipenggal pada tanggal 14 Februari, dia menulis sebuah pesan pernyataan cinta untuk Asterius yang dititipkan ke sipir penjara, dan tertulis "Dengan cinta dari Valentinusmu”. Ia kemudian dieksekusi di luar gerbang Flaminian pada tanggal 14 Februari tahun 269 M. Pesan ini pun telah mengubah segalanya, dimana setiap tanggal 14 Februari banyak orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang untuk mengingat Santo Valentine sebagai pejuang cinta.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar