Minggu, 19 Februari 2012

Robert Adler - Penemu Remote Televisi

Anda pasti tidak asing dengan remote TV, benda yang mampu membuat anda semakin nyaman dalam menonton TV. Bicara tentang remote TV, tidak mungkin melupakan jasa seorang ahli fisika bernama Robert Adler. Dialah orang yang berjasa menciptakan alat yang bukan saja membuat praktis dalam menonton televise, tapi juga mempengaruhi peradaban umat manusia. Remote control temuan Adler diperkenalkan setengah abad silam, tepatnya pada tahun 1956, saat ia menjabat Direktur Riset Zenith Electronics, produsen televisi AS.

Harus diakui bahwa Robert Adler bukanlah orang pertama yang menemukan remote control. Lebih tepatnya ia sebagai penyempurna atas temuan sebelumnya, yang juga diluncurkan oleh Zenith dengan berbagai macam kelemahan. Robert Adler lahir di Wina pada tanggal 4 Desember 1913, dari sebuah keluarga kelas menengah yang mapan dari Austria. Ibunya adalah seorang dokter, dan ayahnya adalah seorang ahli sosiologi. Robert Adler mendapat gelar PhD dalam bidang fisika dari Universitas Wina tahun 1937. Pada tahun 1941 ia pergi ke Amerika Serikat dan langsung bergabung dengan Zenith Electronics di Chicago.

Selama Perang Dunia II Adler bekerja pada bagian oskilator frekuensi tinggi dan filter elektro mekanik radio pesawat terbang. Usai Perang Dunia II ia meneruskan pekerjaan pada teknologi televise, di mana ia mampu menemukan sejumlah peralatan dan berjasa dalam revolusi petelevisian. Adler memelopori penggunaan teknologi penggunaan tabung hampa udara bercahaya yang meningkatkan kualitas transmisi audio televise. Ia juga menjadi pelopor dalam pengembangan teknologi gelombang akustik permulaan yang menjadi dasar bagi pengembangan teknologi layar sentuh.

Dalam kiprahnya selama 60 tahun di Zenith, mulai dari sebagai direktur riset dan menjadi konsultan lepas setelah ia pensiun pada tahun 1979, Adler telah mendapat lebih dari 180 paten. Remote control adalah puncak temuan yang mengantarkannya pada ketenaran. Atas kerja keras dan prestasinya, berbagai penghargaan pun dianugerahkan kepada Adler. Atas temuan remote control Adler menerima anugerah di tahun1958. Adler juga menerima anugerah pada tahun 1974 atas karyanya yang kemudian dikenal dengan video cakram digital atau DVD. Penghargaan lainnya ia dapat di tahun 1980 dan tahun 1981, sebagai penghargaan tahunan yang diberikan kepada orang yang dalam kariernya berjasa dalam ilmu kelistrikan, rekayasa listrik, dan seni listrik.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar