Minggu, 19 Februari 2012

Karl Drais - Penemu Sepeda Roda Tiga

Apakah anda suka bersepeda?, hampir semua orang suka olah raga bersepeda, selain menyehatkan pastinya juga menyenangkan. tapi tahukah anda siapa tokoh yang berjasa dalam penemuan sepeda?, dia adalah seorang tokoh berkebangsaan Jerman bernama Karl Drais yang memulai penemuannya dalam bentuk sepeda roda tiga. Karl Drais lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman, dia adalah seorang penemu Jerman, dan menemukan sepeda beroda tiga yang kemudian dimasukkan sebagai prinsip roda dua, serta menjadi dasar untuk sepeda dan sepeda motor, juga merupakan awal dari transportasi pribadi mekanik. Drais juga menemukan mesin ketik awal dengan keyboard pada tahun 1821. Dari 1803-1805, Drais belajar arsitektur, pertanian dan fisika.

Karl Drais sempat bergabung sebagai pejabat kehutanan, bekerja sebagai guru di lembaga kehutanan pribadi milik pamannya, dan pada tahun 1810 menerima gelar kepala rimbawan, tetapi posisinya belum ditentukan. Satu tahun kemudian ia diskors dari dinasnya, tapi terus menerima gaji sehingga dia bisa mencurahkan lebih banyak waktu untuk penemuannya. Drais berhasil melakukan terobosan penting, yang ternyata merupakan peletak dasar perkembangan sepeda yang diawali dengan sepeda roda tiga. Namun sepeda roda tiga ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang.

Pada tanggal 12 Januari 1818, Drais dianugerahi sebuah penghormatan sebagai hasil penemuannya. Drais pun pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji sebagai penghormatan atas penemuannya. menurut Drais, awal dari penemuannya adalah adanya anomali iklim 1816, yang merupakan Tahun tanpa musim panas yang di sebabkan karena letusan  dahsyat Gunung Tambora di Indonesia, dan menyebabkan transportasi di Eropa terganggu akibat kegagalan panen serta kelaparan kuda. inilah penyebab dari penemuan Drais 'dari sepeda beroda tiga. Pada tanggal 10 Desember 1851 Drais meninggal, tanpa uang sepeser pun setelah Prusia melakukan revolusi di Baden, dan menyita uang pensiun drais sepenuhnya untuk membayar biaya revolusi. Meskipun demikian hasil karya Drais tetap bisa dinikmati semua orang di seluruh Negara hingga saat ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar