Sabtu, 18 Februari 2012

IGOR SIKORSKY - PENEMU HELIKOPTER

Helikopter menjadi salah satu alat transportasi yang masih dipilih oleh sebagian orang karena praktis dan cepat. Bicara tentang helikopter, tidak mungkin melupakan jasa seorang tokoh bernama Igor Sikorsky. Igor Sikorsky lahir tanggal 25 Mei 1889, di Ukraina, dia merupakan salah satu pelopor atau penemu dari Helikopter. Igor merupakan anak bungsu dari lima bersaudara. Ayahnya adalah Seorang profesor psikologi keturunan Polandia – Rusia, serta merupakan anak dan cucu dari pendeta Ortodoks Rusia. Ibunya adalah seorang dokter. igor sendiri sangat menyukai seni.
 
Pada tahun 1900, pada usia 11 tahun, Igor menemani ayahnya ke Jerman dan mulai tertarik dengan ilmu alam. Setelah kembali ke rumah, Igor mulai bereksperimen dengan mesin model yang terbang, dan pada usia 12, ia telah membuat pita karet kecil bertenaga helikopter. Igor mulai belajar di Naval Academy, Rusia, pada tahun 1903 di usianya yang ke 14 tahun. Pada 1906, dia menetapkan bahwa masa depannya terletak pada teknik, sehingga ia mengundurkan diri dari Akademi, meskipun prestasinya di akademi memuaskan, dan ia pun meninggalkan Rusia untuk belajar di Paris. Ia kembali ke Rusia pada tahun 1907, dan mendaftar di Sekolah Tinggi Teknik. Setelah itu Ia kembali menemani ayahnya ke Jerman pada musim panas 1908.

Dengan dukungan keuangan dari adiknya Olga, Igor kembali ke Paris pada 1909 untuk mempelajari aeronautika di Sekolah Penerbangan E.T.A.C.A,, dan membeli suku cadang pesawat.  Igor pernah menjabat sebagai penguji coba penerbangan pertama pada 13 Mei 1913. Dalam pengakuan atas prestasinya, ia dianugerahi gelar kehormatan di bidang teknik pada tahun 1914. Pecahnya Perang Dunia I, membuat Igor mendesain ulang pesawat pembom pertama di dunia yang bermesin empat. Setelah Perang Dunia I, Ia hanya sebentar menjadi seorang insinyur bagi pasukan Prancis di Rusia, selama Perang Saudara Rusia. Ia Melihat sedikit kesempatan untuk dirinya menjadi seorang desainer pesawat dalam perang di Eropa, terutama Rusia, karenanya, ia beremigrasi ke Amerika Serikat. Disana Ia pertama kali bekerja sebagai guru sekolah dan dosen, sambil mencari kesempatan untuk bekerja di industri penerbangan.

Berkat keuletannya, Igor sukses dengan VS-300 mengarah ke R-4, yang menjadi helikopter massal pertama di dunia yang diproduksi pada tahun 1942. VS-300 menjadi salah satu model helikopter yang paling popular dan paling banyak digunakan dalam produksi helikopter saat ini/ sehingga Igor pun disebut sebagai penemu helikopter modern. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar