Sabtu, 18 Februari 2012

Jimmy Wales - Pendiri Wikipedia

Bagi anda yang rajin surfing di dunia maya pastinya sudah tidak asing lagi dengan wikipedia, namun apakah anda tahu siapa sebenarnya pendiri dari Wikipedia ini? Pendiri Wikipedia adalah seorang yang tekun bernama Jimmy Wales. Jimmy Wales lahir di Alabama, Amerika Serikat, pada tanggal 7 Agustus 1966. Ayahnya adalah manajer toko kelontong, sementara ibu dan neneknya mengurus suatu sekolah swasta kecil yang berupa "sekolah tradisional dengan satu ruang kelas" tempat Wales bersekolah. Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Ia menerima gelar sarjana dan master dalam bidang keuangan. Setelah itu, ia pun mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana.

Sejak tahun 1994 hingga 2000, Wales bekerja sebagai direktur riset di perusahan pialang bursa berjangka. Pada tahun 1996, ia mendirikan situs portal pencari yang bernama Bomis yang merupakan situs mesin pencari untuk pria. Pada Maret 2000, ia sempat mendirikan ensiklopedia yang bisa disunting oleh banyak orang namun di awasi oleh orang-orang terkemuka di bidangnya masing-masing, yaitu Nupedia.com, atau ensiklopedia bebas. Pada 15 Januari 2001 Ia meluncurkan Wikipedia, yaitu situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh banyak orang, untuk diperiksa oleh para ahli dan kemudian dimasukkan ke Nupedia. Perkembangan Wikipedia yang begitu cepat menjadikannya sebagai proyek yang lebih berkembang daripada nupedia.

Pada pertengahan tahun 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba untuk mendukung Wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya. Pada tanggal 31 Oktober 2005, Ia bergabung dengan dewan direksi Socialtext, suatu perusahaan pengembang teknologi wiki untuk bisnis. Dalam karirnya, Wales menerima gelar kehormatan pada tanggal 3 Juni 2006, dan tanggal 3 Mei 2006 Ia juga memperoleh penghargaan dari Sebuah yayasan Electronik. Berkat karya besarnya yakni Wikipedia, Wales menjadi orang pertama yang masuk dalam daftar "Ilmuwan & Penggagas" pada majalah Time yang memuat Riwayat hidup dan gagasan-gagasan orang-orang paling berpengaruh di dunia, pada edisi khusus tanggal 8 Mei 2006. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar