Selasa, 13 Maret 2012

Leonard Kleinrock – Penemu Internet

Pernahkah anda membayangkan jika dulu internet tidak pernah ditemukan? mungkin  anda tidak akan bisa mencari berbagai informasi dengan cepat di depan komputer. Jadi, siapakah orang yang telah berjasa sehingga saat ini kita dapat mempergunakan internet untuk berbagai macam kegunaan?, ia adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang bernama Leonard Kleinrock. Penemu yang juga dijuluki sebagai Bapak Internet ini telah membuat kontribusi penting dibeberapa bidang jaringan komputer. Karyanya yang paling terkenal adalah teori pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi pada tahun 1959 dan tahun 1961 yang merupakan awal lahirnya teknologi internet.

Kleinrock lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di Kota New York. Sejak kecil Kleinrock sudah mulai menyukai teknik melalui komik yang dibacanya. Pada umur enam tahun Kleinrock sudah bisa membuat radio kristal menggunakan alat-alat sederhana yang ada di sekitar rumahnya. Pada tahun 1951 Ia lulus dari Bronx High School of Science, dan menerima gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer pada tahun 1957 dari City College of New York. Kleinrock mendapatkan gelar master dan doktor dibidang Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari Institut Teknologi Massachusetts di tahun 1959 dan 1963. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Kleinrock kemudian bekerja sebagai profesor Ilmu Komputer di Universitas California Los Angeles. Pada tanggal 29 Oktober 1969 Kleinrock memimpin sebuah tim yang berhasil menciptakan salah satu penemuan terbesar menjelang abad modern yaitu Internet. Bersama timnya, Kleinrock melakukan penelitian untuk membuat satu komputer yang dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya. Kleinrock yakin bahwa komputer dirancang untuk dapat berbicara satu sama lain sehingga menghasilkan jaringan yang sederhana, seperti penggunaan pesawat telepon. Kemudian hasil penelitiannya diterbitkan dalam sebuah buku. Tetapi pada saat itu, tidak ada yang peduli dengan hasil temuannya.

Karena tidak ada yang peduli pada penemuannya Kleinrock akhirnya melakukan presentasi kepada AT&T, yang merupakan perusahaan penyedia jasa sambungan telepon lokal dan interlokal terbesar di AS. Pihak AT&T menolaknya karena beranggapan bahwa penelitian Kleinrock adalah hal yang tidak mungkin terwujud. Namun AT&T menyediakan sebuah jalur yang menghubungkan komputer untuk ARPANET, sebuah proyek yang didukung oleh militer AS. Pada awalnya percobaan untuk menghubungkan ARPANET ini gagal. Lalu Tim Kleinrock mencoba mengirimkan data antara komputer di ARPANET dan akhirnya berhasil. Hal inilah yang kemudian menjadi jejak awal dari internet yang saat ini telah semakin berkembang.

Kleinrock tidak pernah membayangkan Facebook, Twitter, YouTube, ataupun aplikasi lainnya saat ini menjadi begitu terkenal berkat adanya internet. Atas jasanya, Kleinrock menerima banyak penghargaan bergengsi seperti penghargaan National of Science dari Presiden George W. Bush di Gedung Putih pada tanggal 29 September 2008. Kemudian ia juga mendapatkan penghargaan The 2007 National Medal of Science atas kontribusinya yang penting kepada teori matematika jaringan data modern, dan juga untuk dasar-dasar teknologi internet.

4 komentar:

  1. info bagus nih.nice blog.follow balik sobat... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah saia follback sobat, tapi maap y, saia sering lupa ndak ngisi buku tamu, hehehehe ^^v

      Hapus
  2. Bagus mi, blog mu, apalagi infonya. Majuu teruuusss!!! Ganbatte!!! (btw apa sih itu artinya? hehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. artinya "" Do Ur Best". Mari kita maju bersama, klo maju sendiri - sendiri kan capek.. wakakakaka :D

      Hapus